Kamis, 05 Maret 2009

ULANGAN HARIAN

SEJARAH KELAS XI IPS

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat !

1. Apa yang demaksud dengan kolonialisme dan imperialisme ?

Jawab :

· Kolonialisme adalah menguasai sumber daya ekonomi dan modal di suatu daerah dengan pola kolonisasi daerah-daerah (menjadikannya derah koloni atau sebagai daerah milik).

· Imperialisme adalah system penjajahan langsung dari suatu Negara terhadap Negara lainnya

2. Jelaskan hubungan merkantilisme, Revolusi industri dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme barat di Indonesia !

Jawab :

Dengan adanya kebijakan Merkantilisme maka Negara-negara merdeka di Eropa melakukan kegiatan perdagangan untuk mencari dan menemukan wilayah baru penghasil rempah-rempah. Apalagi setelah adanya Revolusi industri dimana industri di Negara-negara Eropa berkembang pesat, maka Negara-negara ini membutuhkan daerah-daerah untuk memasok bahan mentah dan pemasaran hasil industri. Revolusi industri menimbulkan adanya kapitalisme, dikarenakan masa ini banyak bermunculan para pemilik modal menguasai peralatan-peralatan industri. Dari adanya merkantilisme, Revolusi industri dan kapitalisme, maka berkembanglah kolonialisme di dunia termasuk Indonesia, kolonialisme di Indonesia bertujuan untuk menguasai sumber daya alam dan menjadikan Indonesia sebagai tempat pemasaran industri.

3. Bagaimana kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia abad ke-19 sampai awal abad ke-20 ?

Jawab :

Kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia abad ke-19 sampai awal abad ke-20 yaitu dengan kebijakan menyewakan tanah kepada pengusaha-pengusaha Eropa yang dilakukan oleh Van Der Capellen yang bertujuan membayar utang-utang Belanda yang cukup besar setelah perang dan setelah pemerintah Belanda di bawah Gubernur Jenderal Van der Bosch mengambil kebijakan tanam paksa yaitu dengan membebaskan 1/5 tanah setiap desa untuk ditanami tanaman ekspor, dan hasilnya akn diserahkan kepada pemerintah kolonial Belanda. Dari sini pemerintah kolonial mendapat keuntungan yang sangat besar.


. Jelaskan perluasan aktivitas ekonomi pemerintah kolonial dan perusahaan swasta asing?

Jawab :

Dengan menggunakan kebijakan bermotif ekonomi yang pertama kali diterapkan yaitu tanam paksa. Dengan tanam paksa Belanda mulai melakukan eksploitasi kekayaan alam Indonesia untuk menutup utang-utang yang dinulikinya. Pada 1870 Belanda menerapkan kebijakan ekonomi pintu terbuka. Dengan adanya kebijakan ini, dimulailah era komersialisasi, moneterisasi, dan industrialisasi. Belanda membri kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan-perusahaan swasta asing umtuk masuj ke Indonesia, melakukan perdangangan, dan menanamkan modalnya di Indonesia. Politik pintu terbuka didorong dengan bukanya Terusan Sues pada tahun 1869. Pembukaan Terusan Sues ini semakin memudahkan lalu lintas perdagangan Internasiolnal

5. Jelaskan hubungan komersialisasi, moneterisasi, dan industrialisasi dengan perubahan di pedesaan dan di perkotaan!

Jawab :

Dalam bidang berdagangan perkembangan Indonesia masa kolonial tidak nmemberikan pengaruh yang positif pada rakyat, kaum pribumi menempati struktur terbawah. Begitu juga dalam bidang pertanian terutama pedesaan bangsa Indonesia hanya dijadikan pekerja kasar dan budak. Pemerintahan Belanda hanya membangun sarana Ifra struktur di perkotaan Indonesia seperti jalan kereta api bendungan dll, ini merupakan dapmap positif untuk membangun pembangunan di Indonesia. Namun, secara keseluruhan tidak memberikan dampak postirif bagi rakyat Indonesia.

6. Bagaimanakah kebijakan pemerintah kolonial dalam bidang keagamaan?

Jawab :

Dalam bidang agama, pemerintah koloni sangat membatasi dan mengontrol kegiatan keagamaan. Hal ini memunculkan perlawanan dari tokom muslim yang radikal. Kebijakan-kebijakan ini memberikan alas an untul melakukan perlawanan dari rakyat muslim Indonesia

7. Mengapa Sultan Hasanudin diberi julukan Ayam Jantan dari Timur oleh Belanda?

Jawab :

Sultan Hasanudin diberi julukan Ayam Jantan dari Timur oleh Belanda karena keberaniannya untuk menantang Belanda. Sultan Hasanudin berusaha mengadakan perlawanan dengan Belanda walau akhirnya kalah. Karena Belanda bersekuru dengan Raja Bone

8. Jelaskan sebab-sebab terjadinya Perang Padri!

Jawab :

Perang Padri disebabkan poelh perselisihan antara kaum Padri (alim ulama) dengan kaum adat ( orang adat) yang mempermasalahkan soal agama Islam, ajaran-ajaran agama Islam, mabuk-mabukan, judi, dll, maternalisme dan paternalisme. Saat itu Belanda mencoba mengambil kesempatan, tapi ternyata Belanda harus melawan kedua pihak. Kemudian setelah peran selama 1821-1925 disepakati sebuah genjatan senjata 1825. Namun setelah parang diponegoro berakhir 1830, kertas perjanjian genjatan senjata di sobek, dan terjadilah Perang Padri babak II

9. Jelaskan sebab-sebab terjadinya perlawanan Diponegoro terhadap Belanda !

Jawab :

Yang menyebabkan terjadinya perlawanan Diponegoro adalah rencana Belanda pada pertengahan mei 1825 untuk membangun jalan dari Yogyakarta ke Magelang melewati Muntilan, tetapi rencana itu dibatalkan dan membelokkan jalan itu melewati Tegalrejo. Rupanya di salah satu sector, Belanda tepat melintasi makam leluhur Diponegoro. Hal ini menyebabkan Pangeran Diponegoro tersinggung dan Melawan.

10. Bagaimana upaya Belanda menundukkan Aceh?

Jawab :

Upaya yang dilakukan Belanda untuk memumdukkan Aceh yaitu dengan mamakai tenaga ahli Dr. Christian Snouck Hurgronje yang menyamat selama 2 tahun di pedalaman Aceh untuk meneliti kemasyarakatan dan ketatanegaraan Aceh. Penelitian yang deibuatnya, dia menyimpulkan bahwa kekuatan Aceh terletak pada peran para ulama. Maka hal itu dijadikan dasar membentuk siasat perang yang baru. Nel;anda membentuk pasukan gerak cepat (Marchase) untuk mengejar dan menumpas gerilya Aceh dengan pasukan marchase Belanda berhasil mematahkan serangan gerilya rakyat aceh.

11. Jelaskan latar belakangmuncul dan berkembangnya paham nasionalisme!

Jawab :

1. Adanya rasa senasib dan seperjuangan

2. Persamaan tempat tinggal, keturunan, dll

3. Keinginann untuk mendapatkan haknya sebagai warga Negara

4. Keinginann untuk merdeka dari penjajahan bangsa asing

12. Bagaimana pengaruh paham liberalisme di Indonesia?

Jawab :

Pengaruh perkembangan paham liberalisme di Indoensia adalah munculnya kesadaran berbangsa dan sikap nasionalisme bangsa yaitu, semangat bebasi suntuk menentukan nasib sendiri (merdeka), bebas dari penjajahan bangsa asing

13. Jelaskan sebab-sebab munculnya pahan nasionalisme!

Jawab :

Paham sosialisme timbul sebagai reaksi terhadap liberalisme yang terjadi di dunia pada abad ke-19, ketika itu para pendukung liberalisme yaitu kaum menengah (middle class) yang memiliki industri perdagangan serta pengaruh terhadap masyarakat dan pemerintahan hidup bergelimpahan harta dan melupakan kaun buruh. Serta rakyat jelata yang menjadi penggerak dari industri-industri yang mereka punyai terseput. Ketidakadilan itu menimbulkan reaksi tidak suka dari kaum buruh terhadap golongan majikan atau kelas menengah.

14. Sebutkan beberapa macam praktek demokrasi di berbagai Negara di dunia!

Jawab :

1. Demokrasi Parlementar

2. Demokrasi dengan system pemisahan kekuasaan

3. Demokrasi melalui referendum atau inisiatif rakyat Negara bagian

4. System demokrasi Negara sedang berkembang seperti pada Negara-negara di Afrika dan asia setelah perang Dunia II

15. Apakah tujuan munculnya paham pan Islamime?

Jawab :

Pan Islamime merupakan paham yang bertujuan untuk mempersatukan umat islam sedunia

0 komentar: