Selasa, 19 Januari 2010

manusia purba

Mana yang Lebih Dulu, Nabi Adam a.s atau Manusia Purba?
Mana yang Lebih Dulu, Nabi Adam a.s atau Manusia Purba?

Seperti yang kita ketahui, Nabi Adam adalah manusia pertama kali yang Allah SWT ciptakan dan turunkan ke Bumi ini. Padahal kita tahu, bahwa ada kehidupan Prasejarah, di mana di sana hidup manusia-manusia purba yang menurut teori adalah nenek moyang manusia atau manusia yang ber-evolusi.
Analisa saya:
1. Apabila Nabi Adam yang duluan diturunkan ke bumi ini, berarti masa-masa Kenabian Islam berbarengan dengan zaman Dinosaurus dan Manusia Purba? Hanya saja terdapat perbedaan tempat saja. Dan berarti Manusia Purba bukanlah Nenek Moyang Manusia, karena memang sudah ada Nabi Adam. Dan jika hal ini benar, maka teori dan pelajaran yang ada pada kurikulum IPA adalah salah. Karena ternyata nenek moyang manusia bukanlah Manusia Purba, melainkan Nabi Adam, karena pada kenyataannya manusia tidak pernah berevolusi.
2. Tapi, apabila Manusia Purba yang duluan, berarti Nabi Adam bukanlah makhluk yang pertama kali diciptakan Allah. Dan makhluk apakah Manusia Purba itu?
Terima kasih atas jawabannya Pak Ustadz.
Salam hormat saya,
Budy Prasetya
budykacel
Jawaban
Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Tanpa harus mengkonfrontir teroi manusia purba dengan Al-Quran, sebenarnya ilmu pengetahuan terbaru sudah mematahkannya. Beberapa temuan terakhir justru menunjukkan bahwa teori tentang manusia purba semakin jelas kebohongannya. Bukti-bukti ilmiyah yang dahulu sering diajukan oleh kalangan evolusionis, satu per satu kini terbantahkan. Semakin hari semakin terkuak fakta bahwa teori manusia purba adalah sebuah kebohongan besar.
Selama ini kita memang dicekoki teori manusia purba dalam kurikulum pendidikan. Para evolusionis telah merekayasa skema khayalan dengan sangat fantastis. Bahkan seringkali dilengkapi dengan ilustrasi yang nampak sangat realistis. Konyolnya, semua itu masuk ke dalam kurikulum pendidikan di seluruh dunia, termasuk di dunia Islam.
Mereka memasukkan Australopithecus, ras kera yang telah punah sebagai ras 'nenek moyang manusia'. Padahal ada jurang besar dan tak berhubungan antara kera dan manusia.
Adapun ras manusia primitif menurut mereka, sebenarnya hanya variasi dari ras manusia modern, namun dibesar-besarkan sebagai spicies yang berbeda. Faktanya, tidak ada urutan kronologis seperti itu. Banyak yang hidup pada priode yang sama yang berarti tidak ada evolusi, bahkan ada yang lebih tua dari jenis yang diklaim sebagai nenek moyangnya.
Tatkala para evolusionis tak juga menemukan satu fosilpun yang bisa mendukung teori mereka, terpaksa mereka melakukan kebohongan. Contoh yang paling terkenal adalah manusia Piltdown yang dibuat dengan memasangkan tulang rahang orang utan pada tengkorak manusia. Fosil ini telah membohongi dunia ilmu pengetahuan selama 40 tahun.
Kisahnya pada tahun 1912 seorang ahli palaentologi amatir bernama Charles Dawson mengklaim bahwa dia telah menemukan sebuah tulang rahang dan fragmen tengkorak di sebuah lubang dekat Piltdown, Inggris. Tulang itu mirip tulang rahang hewan namun gigi dan tengkoraknya seperti milik manusia. Spesimen ini dinamakan Manusia Piltdown dan diduga berumur 500.000 tahun.
Rekonstruksi terhadap manusia Piltdown dilakukan dan setelah dipajang di berbagai mueium sebagai bukti nyata evolusi manusia. Selama lebih dari 40 tahun sejumlah penafsiran dan gambar dibuat. Banyak artikel ilmiyah tentang manusia piltdown ini, termasuk 500 tesis doktor tentangnya.
Namun pada tahun 1953, hasil pengujian secara menyeluruh terhadap fosil tersebut menunjukkan kepalsuannya. Tengkorak tersebut berasal dari manusia yang hidup beberapa ribu tahun yang lalu, sedangkan tulang rahangnya berasal dari bangkai kera yang baru terkubur beberapa tahun. Gigi-giginya ditambahkan kemudian agar terlihat mirip manusia lalu persendiannya disumpal. Setelah itu seluruh fosil diwarnai dengan potasium dokromat agar tampak kuno.
Kalau kita menyodorkan ayat Allah SWT di dalam Al-Quran Al-Karim dan hadits Rasulullah SAW tentang manusia pertama, besar kemungkinan para hamba sahaya teori evolusi akan menentangnya. Mereka akan mencari alibi dan dalih untuk membuat penafsiran 'lain' alias menentang kebenaran yang ada di dalamnya.
Berapa banyak dari umat Islam yang masih saja percaya bahwa ada manusia sebelum nabi Adam. Fanatisme buta kepada teori evolusi telah membuat mereka menentang apa yang telah Allah SWT sampaikan dalam kitab suci.
Jadi jawaban yang benar adalah bahwa manusia purba tidak pernah ada, sebab teori evolusi juga tidak pernah terbukti. Ada sejuta kejanggalan yang memaksa teori evolusi termasuk teori manusia purba harus dihapus dari kurikulum pendidikan sekolah.
Adam alaihissalam adalah makhluk cerdas pertama di muka bumi. Dengan kedatangan beliau, maka untuk pertama kalinya bumi didatangi oleh makhluk cerdas dari luar angkasa (alien). Kecerdasan manusia sungguh merupakan loncatan besar dalam sejarah bumi, yang sebelumnya hanya dihuni oleh makhluk-makhluk kelas bawah berupa hewan dan tumbuhan. Tidak pernah ada makhluk asli bumi yang mengalami proses evolusi, kecuali hanya ada di film-film Holywood saja.
Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Sumber: Ahmad Sarwat, Lc./era muslim.com
Diposkan oleh oktariani di 02:21 1 komentar
TENGKORAK PURBA BERLUBANG TEMBAK
TENGKORAK PURBA BERLUBANG TEMBAK



Pada 17 Juni 1921, Tom Zwigelaar menemukan sebuah tengkorak manusia purba yang kemudian dikenal sebagai Broken Hill Skull di Kawbe, Zambia (Rhodesia Utara). Para ahli mengidentifikasikan bahwa tengkorak ini berusia antara 125.000 - 300.000 tahun. Diduga berkait dengan jenis Homo Heidelbergensis, nenek moyang Neanderthal di Eropa. Arthur Smith Woodward (1864-1944) yang kemudian menerima temuan ini untuk diteliti menggolongkannya ke dalam jenis baru yaitu Homo Rhodesiensis. Namun yang kemudian mengherankan para ahli adalah perihal lubang kecil berdiameter 8 mm yang menembus kedua sisi tengkorak tersebut, karena hanya mungkin terjadi oleh sebuah tembakan peluru dengan kecepatan sangat tinggi dan terjadi ketika manusia purba ini masih hidup. Kesimpulan ini diperkuat oleh hasil penelitian otoritas forensik Jerman. Ini berarti sudah ada alat tembak berteknologi tinggi pada masa Palaelolithik Afrika tersebut. Tengkorak manusia purba berlubang tembak ini kini disimpan di British Museum, London.

Benua Afrika termasuk area yang banyak ditemukan sisa peninggalan manusia purba dalam bentuk kerangka. Pada 11 Juli 2001, Michel Brunet dari University of Poitiers, Prancis melaporkan penemuan tengkorak hominid, manusia purba tertua yang pernah ditemukan, berusia antara 6.000.000 - 7.000.000 tahun dari Chad dan digolongkan ke dalam jenis baru, Sahelanthropus Tchadensis (Toumaƫ). Daniel Lieberman, profesor antropologi dari Harvard University setuju bahwa temuan tengkorak ini termasuk hominid dengan bentuk muka (kecuali bagian tempurung otak) menyerupai genus Homo.


Sumber:
1. Noorbergen, Rene. Secrets of the Lost Races. Indiana Polis-NY: BobbsMerrill Comp, Inc., 1977.
2. DL. Parsell. “Skull Fossil Opens Window into Early Period of Human Origins”. National Geographic News, July 11, 2002.
Diposkan oleh oktariani di 02:21 0 komentar
Senjata Manusia Purba
Senjata Manusia Purba Ditemukan Warga di Sangiran
Jum'at, 11 Mei 2007 | 18:15 WIB
TEMPO Interaktif, Sragen:Warga di sekitar kawasan Situs Sangiran menemukan senjata berburu milik manusia purba berusia sekitar 1.800.000 hingga 800.000 tahun lalu.

Peralatan berburu yang ditemukan itu berbentuk empat buah bola batu bundar. Diameter keempatnya beragam antara 8,1 hingga 9,9 sentimeter dengan berat antara 700 gram hingga 1,1 kilogram.

"Bebatuan tersebut ditemukan bersamaan dengan fosil gigi buaya, gigi harimau dan gigi hiu di lapisan tanah yang telah berusia antara 1.800.000 hingga 8.00.000 tahun karena ditemukan di formasi Pucangan atau di pleistocen bawah," ungkap Gunawan, petugas laboratorium Situs Purbakala Sangiran, Jumat (11/5).

Penemu bola batu itu adalah Ngadino pada Kamis (10/5) di tanah tegalan miliknya di Wonolelo, Ngebung, Kalijambe, Sragen. Penemuan batu semacam itu bukan kali pertama di kawasan Situs Sangiran. "Sebelumnya pernah ditemukan batu sejenis sebanyak 25 buah. Batu ini sengaja dibuat oleh manusia purba yang diduga kuat untuk alat berburu. Cara penggunaannya adalah dilempar untuk melumpuhkan buruannya," tambahnya.

Gunawan menyatakan bola batu itu bukan senjata tertua manusia purba Sangiran yang telah ditemukan. Sebelumnya telah ditemukan juga batu parimbas yang digunakan manusia purba di bukit Desa Dayu.

Di lokasi yang sama, Ngadino juga menemukan dua fosil gigi harimau purba (Felis Palaeo Javanica) masing-masing sepanjang 6,3 sentimeter dan 4 sentimeter, gigi buaya purba dari famili Gavidae sepanjang 1,7 sentimeter dan sebuah gigi ikan hiu purba sepanjang 5 sentimeter.

Belum lama ini, di sekitar lokasi penemuan itu juga ditemukan dua fosil hewan mamalia, yaitu fosil tulang paha bagian belakang hewan purba dari famili Cervidae (jenis rusa) dan fosil tulang paha bagian depan hewan purba dari famili Bovidae (jenis kerbau/sapi).
Sumber:tempointeraktif
Diposkan oleh oktariani di 02:20 0 komentar
Sejarah Penemuan Fosil Manusia Purba,
Manusia Kera dan Manusia Modern - Teori Perkembangan Evolusi Antar Waktu Arkeologi Biologi
Mon, 25/09/2006 - 11:06pm — godam64
Secara umum penemuan fosil manusia dari jaman ke zaman terbagi atas tiga kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba dan manusia modern.
Yang perlu diingat adalah bahwa teori ini hanya dugaan dan tidak terbukti kebenarannya karena teori evolusi telah runtuh. Fosil manusia lama yang ditemukan bisa saja bukan fosil manusia atau manusia yang memiliki bentuk ciri tubuh yang unik, atau bahkan hasil rekayasa.
A. Manusia Kera dari Afrika Selatan
1. Australopithecus Africanus
Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.
2. Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis
Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil menusia kera tersebut disebut australopithecus.
B. Manusia Purba / Homo Erectus
1. Sinanthropus Pekinensis
Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.
2. Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa
Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh Von Koningswald pada tahun 1939 - 1941.
3. Manusia Heidelberg
Manusia heidelberg ditemukan di Jerman
4. Pithecanthropus Erectus
Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 - 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.
C. Manusia Modern
Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.
1. Manusia Swanscombe - Berasal dari Inggris
2. Manusia Neandertal - Ditemukan di lembah Neander
3. Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon - Ditemukan di gua Cro-Magnon, Lascaux Prancis. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.
4. Manusia Shanidar - Fosil dijumpai di Negara Irak
5. Manusia Gunung Carmel - Ditemukan di gua-gua Tabun serta Skhul Palestina
6. Manusia Steinheim - Berasal dari Jerman
Sumber: organisasi.org komunitas & online indonesia
Diposkan oleh oktariani di 02:19 0 komentar
MANUSIA PURBA DIiNDONESIA
FOSIL MANUSIA PURBA DI indonesia di temukan di berbagai tempat antara lain disumatra utara, Nanggro Aceh Darusalam, sulawesi selatan, flores , dan terutama di Jawa.
Macam – macam fosil manusia purba di Indonesia pada lapisan tanah:
• Megantropus paleo javanicus ( manusia besar dari jawa kuno )
Hidup sekitar 2 juta tahun lebih yang lalu.
Fosilnya di temukan oleh Dr. von koenigswlad pada tahun 1946 di sangiran seragrn jawa tengah, dan pada tahun 1952 oleh marks.
• Homo erectushidup sekitar 1,9 juta sampai ddengan 40.000 tahun yang lalu
Fosilnya di temuksn di trnil ngwi jawa timur pada tahun 1091 oleh Dr. Eugene dubius.
Fosil homo erektus ditemukan pula di perning mojokerto jawa timur, ( disebut pitecantropus mojokertensis )
Pada tahun 1931-1933 , von koenigswald , ter hear dan oppennorth menemukan fosil homo errrrektus di ngandong – blora jawa tengah ( fosil ini dinamakan homo soloensis )
• Homo sapienshidup sekitar 40.000 – 18.000 yang lalu. Fosil homo sapiens ini ditemukan oleh von rietshoten pada tahun 1889 di desa wajak- campur darat-tulung agung jawa timur ( fosil ini disebut homo wajakensis ). Fosil wajak ditemukan juga di trinil dan sangiran.
• Homo sapiens sapiens
Hidup disekitar 18.000-4.500 SM
1. australomelanesid
fosil australomelanesid di temukan di kyokkenmodinger ( bukit remis ) di kawasan nanggro aceh darusallam dan Sumatra utara, maupun di gua-gua di jawa
2. mongolid
fosil manusia ini ditemukan di gua-gua dekt lamocong dan soppeng di sulawesi selatan.

0 komentar: